Strategi Agar Tidak Pernah Kehabisan Pembeli

 Cara Dapat Banyak Pembeli Dari Media Sosial

Jadi, sebelumnya Saya sudah mengenalkan tentang Organic Marketing ke Anda. 

Yaitu strategi memanfaatkan media promosi gratisan untuk dapat banyak pembeli secara non stop. 


Apa saja medianya? 

Media yang dibahas disini adalah media sejuta umat, hehe. 

Yaitu Facebook, Instagram, dan WhatsApp. 



Siapa sih yang gak kenal 3 media diatas? 

Hehe. 🤭

Di artikel ini Saya akan sharing tentang sosmed. 

Next, Saya sharing tentang whatsapp. 


Jadi sekarang kita fokus ke FB dan IG dulu ya. 


Gimana? 

Apakah target pasar Anda pakai FB atau IG? 


Kalau iya, maka simak materi ini sampai selesai ya. 😇


Ngomong-ngomong tentang FB dan IG. 

Tahukah Anda bahwa pengguna FB di Indonesia sudah lebih dari 130 juta orang dan pengguna IG sudah lebih dari 60 juta orang? 


Dengan jumlah sebanyak itu, artinya bisnis Anda tidak akan kehabisan pembeli jika memanfaatkan FB dan IG sebagai media promosi. 😍


Masalahnya, pakai FB dan IG untuk dapat pembeli bukan sekedar posting jualan, hehe. 

Ada caranya, ada polanya. 


Nah dipesan ini, Saya mau sharing ke Anda cara dapat calon pembeli di FB dan IG.

Yuk. 


Jadi ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. 


Yang pertama,

Tentukan dulu mau fokus dimedia apa 



Mau fokus di FB atau di IG atau di keduanya? 

Cara menentukannya, berdasarkan media mana yang paling banyak digunakan oleh target pasar Anda.


Kalau ternyata target pasar kita aktif di FB, ya Anda pakai FB. Kalau ternyata target pasar kita aktif di IG, ya Anda pakai IG

Jangan sampai, target pasar kita aktif di IG, eh kita jor joran di FB. Gak ketemu, gak maksimal, hehehe 🤣


Cara taunya bagaimana? 

1. Buat daftar kompetitor yang menjual produk sejenis dengan Anda 

2. Cari tau media yang aktif memberikan pemasukan terbesar dibisnis mereka. Cara taunya dari komentar-komentar di postingan promosinya. 

3. Fokus dimedia yang terbukti memberikan hasil 


Kalau Anda masih bingung menentukan media yang potensial. 

Bisa juga dengan cara pakai dulu kedua-duanya, lalu diukur, maka media yang paling menghasilkan. 

Lalu fokus disana. 😉


Yang kedua, setelah tau medianya selanjutnya adalah 

Atur tampilan Akunnya 



Sosial media seperti toko. 

Kalau tampilannya sembarangan, maka akan sulit dipercaya oleh target pasarnya. 


Karena itu, atur tampilan sosmed Anda semenarik mungkin. 


Caranya gimana? 

1. Pilih foto profil yang profesional.

Kalau di FB, sebisa mungkin tampak foto setengah badan 

Kalau di IG, bisa pilih foto wajah. 


Tapi kalau gak mau menampilkan foto pribadi. 

Di FB bisa diganti dengan gambar quote 

Dan di IG bisa diganti dengan logo bisnis Anda. 


2. Pasang bio yang menjanjikan. 

Kalau di FB tulislah kalimat yang memperkenalkan siapa Anda, apa kesibukan Anda. 

Kalau di IG tulislah kalimat yang menjanjikan manfaat kepada konsumen. 


3. Seleksi postingan 

Jangan sampai seluruh postingan Anda isinya jualan. 

Karena itu lebih mirip iklan hidup daripada akun bisnis, hehe. 


Jadi, postingan yang mengandung promosi dan telah lewat waktunya bisa dihapus. 


Akun yang memancing untuk difollow adalah akun-akun yang isi postingannya menarik. 

Nah, Anda bisa isi akun Anda dengan postingan-postingan berisi : 

- Tips untuk masalah target pasar

- Trivia (Hal-hal sepele) untuk menambah wawasan target pasar 

- Cerita inspiratif sebagai bahan belajar target pasar 

- Aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari 

- Kisah sukses dari konsumen Anda sebelumnya. 


Nah, itu cara atur tampilan akun. Foto profile, bio dan isi postingan. 

Lalu gimana supaya bisa dapat calon pembeli lewat FB dan IG? 


Kita masuk ke langkah ketiga. 

Langkah dapat calon pembeli di FB



Cara pertama : Rajin Cari 

1. Buat daftar produk yang kira-kira dibeli oleh target pasar

2. Masukan daftar tersebut di fitur pencarian FB 

3. Lihat postingan, Grup, dan halaman yang menjual barang-barang dalam daftar 

4. Periksa postingannya. Postingan yang menunjukan ketertarikan dengan produk, invite jadi teman

5. Ulangi prosesnya, maksimal sampai Anda invite 50 orang dalam 1 hari. Lebih tidak boleh, karena menyalahi peraturan FB 


Cara kedua : Rajin Posting 

Buat postingan yang memancing share. Antara lain 

1. Postingan positif 

2. Ngomongin hal yang lagi viral 

3. Tips runut dan lengkap 

4. Cerita yang related (ada hubungannya) dengan kehidupan target pasar


Itu tips dapat calon pembeli di FB  


Langkah dapat calon pembeli di IG



Cara pertama : Rajin Upload 

1. Posting konten yang menghibur atau mengedukasi 

2. Posting di waktu prime time, alias waktu dimana target pasar Anda sedang aktif di IG 

3. Sertakan hastag yang berhubungan dengan target pasar Anda 


Cara kedua : Rajin Komen 

1. Buat daftar akun-akun yang difollow oleh target pasar Anda 

2. Saat mereka baru posting, Anda komen supaya segera dapat balasan dari pemilik akun 

3. Komentarnya bukan komen jualan produk. Tapi komen apresiasi terhadap postingannya 

4. Lakukan 50 kali/hari. Misal tiap 2 jam, komen di 10 akun berbeda. 


Dengan melakukan cara ini, maka pelan-pelan target pasar akan datang dan follow akun Anda. 


Tapi sampai sana, jangan hanya didiamkan ya. 


Ingat FB dan IG pada dasarnya adalah media sosial. 

Karena itu, bersosialisasilah disana. 


Lakukan langkah keempat, yaitu 

Interaksi


Cara interaksi adalah dengan 

1. Aktif posting setiap hari 

2. Aktif like dan komen status target pasar 

3. Aktif balas komen orang-orang yang mampir ke akun kita 


Interaksi ini wajib dilakukan, agar akun Anda tidak tenggelam oleh algoritma di FB dan IG. 


Jadi, di FB dan IG, ada namanya sistem Rank Feed. 

Yang tujuannya adalah untuk memfilter postingan-postingan yang muncul. Kalau kita gak pernah interaksi, maka kita akan semakin jauh dengan target pasar, hehe. 

Begitu ya tentang FB dan IG. 

Oke, itu dulu ya pembahasan kali ini. Besok Saya lanjut artikelnya Strategi Mendapat Prospek yang Berkualitas


Semoga bermanfaat :) 


Komentar